Tugas Praktek Sepeda Motor
Geometri Sepeda Motor
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Praktek Sepeda Motor
Dosen Pengampu : Drs. Bambang Dwi Wahyudi
Disusun oleh :
Suparyani
K2512070
PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2015
Rake
Sebagai variabel Karakteristik Handling Motor
RAKE adalah
sudut yang dibentuk antara kemiringan sok depan dengan garis vertikal yang
tegak lurus gravitasi, satuannya adalah derajat. Penambahan sudut Rake akan
membuat Roda depan menjauhi body motor. besar dari Rake sangat menentukan
karakteristik dari Handling motor. Sudut Rake yang
lebih besar akan membuat motor terasa lebih stabil digeber di jalan lurus.
Sudut Rake lebih kecil membuat motor lebih responsif dan mudah ditekuk
ditikungan.
Gambar . Penentuan sudut rake
Gambar suzuki thunder 250
Sebagai Contoh kita lihat Suzuki Thunder 250. Motor ini
memiliki Rake yang lumayan centang yakni 28 derajat. Rake sebesar ini lah yang
menyebabkan para ridernya kerap kali merasa agak out wide saat menikung
terutama saat kecepatan tinggi. Motor jenis Suzuki thunder ini kurang cocok
digunakan untuk lintasan menikung akan tetapi sangat cocok apabila digunakan
pada lintasan lurus.
Gambar Honda CBR 150
Lalu sebagai pembanding kita lihat CBR 150 .. . Rake
nya tidak terlalu centang, yakni sekitar 24 derajat saja, Motor ini lumayan
responsif melibas lintasan twisty penuh dengan liukan ala sirkuit . hal inilah
yang menyebabkan Honda CBR 150 lebih gesit jika digunakan pada lintasan yang
banyak tikungannya akan tetapi ketika lintasan lurus akan lebih nyaman apabila
menggunakan Suzuki.
2. Mengapa mio menjadi primadona matic sejak
pertama kali diluncurkan ke pasaran ??
Sejarah
Mio berawal dari dapur Research & Development Yamaha, dan memang mio ini
awalnya adalah project lanjutan yamaha Nouvo. Berbeda dengan Nouvo yang
bongsor, Mio tampil lebih langsing, dan elegan. Tahun 2003, Mio mulai
diluncurkan se-Asia Tenggara dan khusus di Malaysia
Pertama
kali hadir di Indonesia pada 2003, Yamaha memasang tagline Mio ini sebagai
sepeda motor yang “mengerti wanita “.Dengan bodynya yang ramping dan ringan
bnyak kaum hawa mulai menggunakan motor ini mulai siswa sekolah hingga kalangan
pekerja. Hal inilah yang menjadikan Yamaha mio langsung booming dan menjadi
trendsetter motor matic di Indonesia sejak dihadirkan ke pasaran pertama kali.
Generasi Pertama Yamaha Mio
(2003 – 2008)
Mio matik legendaris Indonesia yang menjadi
pionir tren segmen matik di pasar Tanah Air. Diperkenalkan perdana di tahun
2003, Mio langsung booming dan jadi primadona. Dalam perjalanannya, Mio
mengukir sejarah sebagai motor produksi ke-20 juta Yamaha Indonesia tepat di
Hari Kartini pada 21 April 2011. Pangsa pasar Mio terus berkembang sehingga
jumlah total penjualannya terhitung dari saat muncul pertama kali di 2003
hingga 2013 menyentuh lebih dari 7 juta unit.
Citra Mio pun diabadikan dalam berbagai event
prestisius seperti kunjungan Miss Universe ke Indonesia, Lady Mio, Yamaha
Miliarder , Mio Suka Suka dan rangkaian kegiatan Mio 10th Anniversary di 2013.
0 komentar:
Posting Komentar