Selasa, 31 Maret 2015

geometri sepeda motor

Tugas Praktek Sepeda Motor
Geometri Sepeda Motor

Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Praktek Sepeda Motor
Dosen Pengampu : Drs. Bambang Dwi Wahyudi

  
Disusun oleh :
Suparyani
K2512070

PENDIDIKAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2015


Rake Sebagai variabel Karakteristik Handling Motor
  
RAKE adalah sudut yang dibentuk antara kemiringan sok depan dengan garis vertikal yang tegak lurus gravitasi, satuannya adalah derajat. Penambahan sudut Rake akan membuat Roda depan menjauhi body motor.  besar dari Rake sangat menentukan karakteristik dari Handling motor. Sudut Rake yang lebih besar akan membuat motor terasa lebih stabil digeber di jalan lurus. Sudut Rake lebih kecil membuat motor lebih responsif dan mudah ditekuk ditikungan.



Gambar . Penentuan sudut rake
Gambar suzuki thunder 250
Sebagai Contoh kita lihat Suzuki Thunder 250. Motor ini memiliki Rake yang lumayan centang yakni 28 derajat. Rake sebesar ini lah yang menyebabkan para ridernya kerap kali merasa agak out wide saat menikung terutama saat kecepatan tinggi. Motor jenis Suzuki thunder ini kurang cocok digunakan untuk lintasan menikung akan tetapi sangat cocok apabila digunakan pada lintasan lurus.

Gambar Honda CBR 150

Lalu sebagai pembanding kita lihat CBR 150 .. .  Rake nya tidak terlalu centang, yakni sekitar 24 derajat saja, Motor ini lumayan responsif melibas lintasan twisty penuh dengan liukan ala sirkuit . hal inilah yang menyebabkan Honda CBR 150 lebih gesit jika digunakan pada lintasan yang banyak tikungannya akan tetapi ketika lintasan lurus akan lebih nyaman apabila menggunakan Suzuki.
2.  Mengapa mio menjadi primadona matic sejak pertama kali diluncurkan ke pasaran ??
            Sejarah Mio berawal dari dapur Research & Development Yamaha, dan memang mio ini awalnya adalah project lanjutan yamaha Nouvo. Berbeda dengan Nouvo yang bongsor, Mio tampil lebih langsing, dan elegan. Tahun 2003, Mio mulai diluncurkan se-Asia Tenggara dan khusus di Malaysia
            Pertama kali hadir di Indonesia pada 2003, Yamaha memasang tagline Mio ini sebagai sepeda motor yang “mengerti wanita “.Dengan bodynya yang ramping dan ringan bnyak kaum hawa mulai menggunakan motor ini mulai siswa sekolah hingga kalangan pekerja. Hal inilah yang menjadikan Yamaha mio langsung booming dan menjadi trendsetter motor matic di Indonesia sejak dihadirkan ke pasaran pertama kali.
Generasi Pertama Yamaha Mio (2003 – 2008)
Mio matik legendaris Indonesia yang menjadi pionir tren segmen matik di pasar Tanah Air. Diperkenalkan perdana di tahun 2003, Mio langsung booming dan jadi primadona. Dalam perjalanannya, Mio mengukir sejarah sebagai motor produksi ke-20 juta Yamaha Indonesia tepat di Hari Kartini pada 21 April 2011. Pangsa pasar Mio terus berkembang sehingga jumlah total penjualannya terhitung dari saat muncul pertama kali di 2003 hingga 2013 menyentuh lebih dari 7 juta unit.

Citra Mio pun diabadikan dalam berbagai event prestisius seperti kunjungan Miss Universe ke Indonesia, Lady Mio, Yamaha Miliarder , Mio Suka Suka dan rangkaian kegiatan Mio 10th Anniversary di 2013.

0 komentar:

Posting Komentar