BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
A. Sejarah
Singkat PT.
Mitra Pratama Mobilindo Solo
Gambar 2.1 PT. Mitra Pratama Mobilindo Solo
PT. Mitra Pratama Mobilindo
berdiri sejak bulan Agustus tahun 1991. Perusahaan ini merupakan perusahaan
milik perseorangan yang dimiliki oleh
Bp. Sundoro Husea. PT. Mitra
Pratama Mobilindo Solo yang beralamat di Jl. Raya Solo-Kartasura Km.5 merupakan
anak cabang dari perusahaan Sun Motors Group. Pada awalnya Pt. Mitra Pratama Mobilindo
Solo, merupakan Bengkel dan Karoseri New Armada Motor yang dikelola oleh
perusahaan Surya Armada dalam bidang perakitan bus. Karena adanya suatu
masalah, pada tahun 1989 dijual kepada Sun Motors, kemudian oleh Sun Motors
Group didirikan anak perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif dengan nama
PT. Sun Motors.
Pada
awal usahanya Sun Motors bekerja sama dengan Mitsubishi yang bergerak dalam
bidang dealer resmi. Seiring dengan berkembangnya usaha, PT. Sun Motors
menjalin kerja sama dengan Indo Mobil sebagai dealer dan bengkel resmi kendaraan Suzuki. Kemudian pada tahun 1998
terjadi krisis dan kerusuhan, PT. Sun Motors terkena imbas dan sekarang bekerja
sama dengan Hino, berkonsentrasi sebagai dealer
dan bengkel resmi Hino yang bergerak dalam bidang penjualan unit, spare part, service, dan merupakan Agen
Tunggal Pemegang Merk Hino di Surakarta.
Bengkel tersebut sebenarnya tidak hanya melayani merk Hino saja, namun juga
menerima merk-merk lainnya. Kini bengkel tersebut terkenal dengan nama PT. MPM HINO SOLO .
B. Lokasi
Perusahaan
Bengkel Resmi Hino Pabelan beralamatkan di Jl. Raya
Solo-Kartasura Km.5 Pabelan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Peta lokasi Bengkel Resmi Hino
Pabelan dapat dilihat pada
gambar berikut.
Gambar 2.2 Peta Lokasi
C.
Visi
dan Misi Perusahaan
Sebagai perusahaan yang mempunyai kualitas baik, PT. Mitra
Pratama Mobilindo mempunyai Visi dan
Misi. Hal ini untuk mencerminkan profesionalitas dalam dunia bisnis otomotif dan
tujuan yang ingin dicapai oleh PT. Mitra Pratama Mobilindo
Solo.
1.
Visi
Visi
PT. Mitra Pratama Mobilindo adalah untuk menjadi dealer otomotif
terkemuka dalam negeri yang dapat memberikan pelayanan menyeluruh (3S yaitu
SENYUM, SAPA, SANTUN) yang didukung oleh fasilitas serta sumber daya manusia
terbaik.
2.
Misi
a.
Menjalin hubungan yang erat dan
berkesinambungan dengan semua rekan bisnis.
b.
Mengembangkan seluruh sumber daya
yang dimiliki secara berkesinambungan untuk meningkatkan profesionalisme bagi
kepuasan pelanggan.
c.
Menyediakan tempat berkarya yang
berdaya guna bagi semua karyawan.
d.
Memberikan kontribusi sosial kepada
masyarakat.
e.
Memberikan konstribusi dan berupaya
sepenuhnya bagi pengembangan usaha Indomobil.
f.
Memberikan komitmen dan nilai
terbaik bagi seluruh pihak yang berkepentingan dengan memperhatikan kepentingan
masyarakat
D. Struktur
Organisasi
Oey Liang Lee
mengatakan bahwa manajemen adalah suatu seni dan ilmu perencanaan , pengarahan,
pengkoordinasian, dan pengontrolan pada human
nature (sifat manusia) dan natural
resources (sarana alam) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dari
pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai tujuan tertentu
dibutuhkan ilmu, salah satunya adalah pengorganisasian. Dalam bengkel yang kami
observasi, pengorganisasian didasarkan atas perannya dalam kegiatan layanan
servis dan kegiatan yang menunjang lainnya.
KEPALA
BENGKEL
|
|||||||
NGADIMIN
|
|||||||
FIELD
ADVISOR
|
CCO
|
||||||
NUGROHO
|
TRIA
|
||||||
ADMIN
SERVICE
|
SERVICE
ADVISOR
|
TOOLMAN
|
|||||
NARESWARI
|
ARY
JONI
|
RISKY
AMI S
|
|||||
FOREMAN
|
|||||||
SISWARTO
|
|||||||
MEKANIK
|
|||||||
BUDI
RIYANTO
|
|||||||
MARYADI
|
|||||||
ANTOK
|
|||||||
BUDI
P
|
|||||||
MUH
KHOERUL ANAM
|
|||||||
RAMTONO
|
|||||||
RIZKI
AMI SUSBIYANTORO
|
|||||||
GIYANTO
|
|||||||
ARGA
PURWADI W.A
|
Gambar 2.3
Struktur Organisasi Bengkel
Semua pihak tersebut mempunyai tugas
dan perannya masing-masing. Tugas dan peran setiap jabatan tercatat dalam job desk, yakni catatan yang berisi
rincian deskripsi pekerjaan secara umum, uraian pekerjaan, wewenang, sistem
operasi serta hal-hal lain yang mendukung pelaksanaan tugas tersebut.
Deskripsi pekerjaan secara umum
dalam job desk berisi tugas dan
tanggung jawab utama yang harus dilaksanakan oleh pemegang jabatan. Berikut
adalah deskripsi umum berbagai jabatan yang terdapat dalam bengkel tersebut:
1.
Workshop Head (kepala bengkel)
Tugas
dari jabatan ini adalah mengelola seluruh kegiatan bengkel dalam rangka
meningkatkan mutu dan kecepatan pelayanan melalui SOP (Standart Operational
Procedure) yang berlaku serta menginformasikan kompetensi jajaran personel
bengkel dalam usaha pencapaian target untuk meningkatkan produktifitas dan
pencapaian prestasi bengkel serta kepuasan pelanggan.
2.
Foreman
Tugas dari jabatan ini adalah mengkoordinir
dan mengoptimalkan jalannya kerja mekanik dalam menangani pekerjaan berdasarkan
Perintah Kerja Bengkel (PKB) / Work Order
(WO) dan sesuai dengan standar yang berlaku.
3.
Service Advisor
Jabatan
ini bertanggungjawab melayani
kebutuhan pelanggan yang datang dan keluar
bengkel dengan mendengarkan, menganalisa, dan menjelaskan tentang kerusakan kendaraan,
membuat Work Order (perintah kerja ) dan estimasi waktu serta biaya untuk mencapai kepuasan
pelanggan, serta menjaga kerapian data-data kendaraan pelanggan.
4.
Mekanik
Jabatan
ini bertugas melakukan service
kendaraan, meliputi perawatan dan perbaikan sesuai Perintah Kerja Bengkel (PKB) / Work
Order (WO).
5. Tool
man
Bertanggung jawab terhadap kelengkapan dan kesiapan peralatan
Bengkel.
E.
Kegiatan
Usaha Perusahaan
PT Mitra Pratama Mobilindo merupakan perusahaan
industri otomotif, baik itu untuk penjualan kendaraan atau pelayanan jasa
terhadap konsumen dan penjualan suku cadang Hino
(hino
original parts).
Kegiatan yang menjadi prioritas utama dalam usahanya adalah penjualan kendaraan
Truk.
PT Mitra Pratama Mobilindo berada dalam lingkungan
struktur pasar persaingan monopolitis (Monopolistic Competition) karena
terdapat perusahaan yang sejenis dengan produk yang berbeda corak. Dalam
lingkungan pasar tersebut, permintaan ditentukan oleh selera konsumen. Untuk
bisa bermain dalam lingkungan pasar tersebut, PT Mitra Pratama Mobilindo melakukan strategi
segmentasi multi atribut, yaitu menggabungkan beberapa variable sehingga kelompok sasaran dapat diidentikasi dengan mudah.
Sedangkan target market yang digunakan adalah spesialisasi pasar, maksudnya
berkonsentrasi dalam melayani banyak kebutuhan dari suatu kelompok pelanggan
tertentu.
Tidak
hanya itu PT Mitra Pratama Mobilindo juga
melakukan usaha lain yang dijalankan untuk dapat menarik minat dari konsumen
antara lain adalah:
1.
Layanan Pra Jual
a. Pemberian
keterangan kepada konsumen yang datang ke show
room.
b. Melakukan
test drive (kesempatan mencoba
kendaraan sebelum membeli).
c. Hot line service (0271) 714882.
Layanan informasi langsung untuk kendaraan dan pelayanan.
2.
Pelayanan Masa Jual atau Pada Saat Penjualan
Pelayanan
yang diberikan pada masa jual atau saat penjualan berlangsung, baik dalam
pembayaran cash maupun kredit seperti
:
a. Layanan
memperoleh fasilitas kredit dengan cepat dan ringan, sepanjang persyaratan memenuhi.
b. Jaminan
pengurusan faktur untuk mendapatkan BPKB secara cepat.
c.
Jaminan dokumen asli.
3.
Layanan After Sales Service:
a.
Emergency
Service 24 jam
Tujuannya agar konsumen
dapat merasa aman bila terjadi kerusakan dapat segera menghubungi pusat layanan telepon Hino bebas pulsa 0800 100 466
yang akan segera membantu.
b.
Warranty
Claim
Memperbaiki atau
mengganti bagian yang tidak berfungsi sebagai akibat dari cacat material dan
bukan kesalahan pemakaian.
c.
LayananService
1) Bengkel
buka hari Senin-Jumat dari jam 08.30 WIB. sampai jam 16.30 WIB.
2) Pada
hari Sabtu bengkel buka dari jam 08.30 WIB. sampai jam 14.30 WIB.
3) Pada hari Minggu dan hari besar bengkel tutup.
d.
Keramahan dan Kesopanan
Keramahan dan kesopanan dari Service Advisor yang selalu diutamakan
dalam menghadapi pelanggan yang datang. Dan tidak hanya Service Advisor yang diutamakan untuk selalu ramah, petugas bengkel
juga diwajibkan untuk selalu memberikan jawaban-jawaban yang memuaskan atas perbaikan kendaraan pelanggan.Sesuai dengan visi Hino Yaitu 3S
(SENYUM, SAPA,dan SANTUN)
e.
Kecepatan Penyelesaian
Pekerjaan
1) Ketepatan
janji petugas bengkel.
2) Penanganan
yang tepat.
3) Petugas
melakukan tugas dengan baik.
F.
Manajemen
Bengkel
Kepala bengkel bertugas membawahi semua yang ada dibengkel.
Disamping mengatur dan memberikan pekerjaan kepada bawahan, seorang atasan juga
menjaga posisi masing-masing. Secara umum manajemen kerja terdiri dari
manejemen waktu kerja, dan tugas masing-masing posisi seperti uraian diatas.
Adapun aturan jam kerja yang berlaku di PT. Mitra Pratama Mobilindo adalah
sebagai berikut:
Hari
|
Masuk
|
Istirahat
|
Keluar
|
Senin
|
08.30 WIB
|
12.00 – 13.00 WIB
|
16.30 WIB
|
Selasa
|
08.30 WIB
|
12.00 – 13.00 WIB
|
16.30 WIB
|
Rabu
|
08.30 WIB
|
12.00 – 13.00 WIB
|
16.30 WIB
|
Kamis
|
08.30 WIB
|
12.00 – 13.00 WIB
|
16.30 WIB
|
Jum’at
|
08.30 WIB
|
11.30 – 13.00 WIB
|
16.30 WIB
|
Sabtu
|
08.30 WIB
|
11.30 – 13.00 WIB
|
14.30 WIB
|
Minggu
|
Libur
|
Libur
|
Libur
|
Tabel 2.4 Jam Kerja Perusahaan
Untuk meningkatkan softskill dan keterampilan para mekanik, perusahan juga mengadakan
pelatihan / training bagi para
mekanik baik itu secara internal
didalam bengkel sendiri maupun pengiriman kedaerah lain dan kepusat pelatihan
HINO.
Prosedur pelaksanaan service kendaraan HINO adalah sebagai
berikut:
1.
Kendaraan customer
yang masuk bengkel diterima oleh service
advisor dan menerima keluhan pelanggan.
2.
Service advisor melakukan test drive dan memastikan keluhan / kerusakan pada kenderaan.
3.
Kenderaan diserahkan pada
Foreman atau mekanik dengan memberikan WO (Work Order).
4.
Setelah Work Order didapat dari service advisor mekanik melakukan pekerjaan sesuai prosedur.
5.
Apabila dalam pekerjaan mekanik membutuhkan sparepart, maka mekanik menyampaikan
pada service advisor dan
berkonsultasi dengan customer.
6.
Pergantian dan pengambilan part harus dengan sepengetauan service
advisor dan customer.
7.
Setelah mendapat persetujuan dari service advisor dan customer
, mekanik mengambil spare part yang
akan diganti di bagian spare part
department.
8.
Mekanik melakukan perbaikan kendaraan tersebut.
9.
Kenderaan yang telah diperbaiki selanjutnya dilakukan test drive apabila keluhan telah
teratasi maka kendaraan di serahkan pada customer.
10. Terakhir customer menyelesaikan pembayaran pada kasir.
kalo bisa ad review tentang produk2 yg di tawarkan oleh hino atau test drive...jd pembeli bisa searching lewat youtube...sya sndri kesusahan mencari..apalagi hnya ada bhs asing membuat kesulitan
BalasHapusterima kasih atas masukannya, untuk produk yang ditawarkan bisa langsung datang ke showroom hino terdekat. Disana disediakan Brosur yang sudah dilengkapi spesifikasi produk lengkap dengan harga nya.
HapusAda nomor wa ??
BalasHapusuntuk keperluan mengenai servis maupun produk bisa melalui Hotline PT.MPM HINO SOLO di Telepon: (0271) 714852
HapusNO.92/SMB/PENW/BG-AS/2019
BalasHapusKepada Yth,
Perusahaan Pemerintah, BUMN & Swasta PT, LTD, TBK
Up : Bpk/Ibu Pimpinan & Bagian Bank Garansi/Surety Bond
Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi, Tanpa Agunan, (Non Collateral)
Dengan Hormat,
Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT.SEKUNDANG MAJU BERSAMA adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan atau Non Collateral,Proses Cepat,Bisa dicek Keabsahanya dan Polis Di Jamin kami antar.
JENIS JAMINAN :
1.Jaminan Penawaran / Bid Bond.
2.Jaminan Pelaksanaan / Peformance Bond.
3.Jaminan Uang Muka / Advance Payment Bond.
4.Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
5.Jaminan pembayaran
Jenis jaminan Asuransi kami terbitkan antaranya Sbb:
• PT. Asuransi ASKRINDO
• PT.Asuransi JASINDO
• PT.Asuransi ASEI
• PT.Asuransi SINARMAS
• PT.Asuransi JAMKRINDO
• PT.Asuransi ASKRIDA
• PT.Asuransi BUMIDA
• PT.Asuransi ACA
• PT.Asuransi MEGA PRATAMA
• PT.Asuransi BOSOWA ASURANSI
• PT.Asuransi RAYA
• PT.Asuransi BERDIKARI
• PT.Asuransi RAMAYANA
* PT.Asuransi REKAPITAL
* PT.Asuransi ASPAN
* PT.Asuransi RAMA SATRIA WIBAWA Dll.
Jenis Bank Garansi Kami terbitkan Diantaranya sbb:
* Bank MANDIRI
* Bank BRI
* Bank BNI
* Bank BTN
* Bank BCA
* Bank MAYBANK/ BII
* Bank BUKOPIN
* Bank EXIM
* Bank BPD DKI
* Bank BPD JATIM
* Bank BPD SUMSEL
* Bank BPD JABAR
* Bank J-TRUST
* Bank SEMINAR Dll
Lines Of Insurance
1. Custom Bond
2. Asuransi Cargo
3. Construction All Risk ( CAR )
4. Public Liabillity/ Product Liability
5. Comprensive General Liability (CGL)
6. Erection All Risk ( EAR )
7. Workman Compensation Liability ( WCL )
8. Auto Mobile Liability ( AL ). Marine Hull
Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat.
Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasinya Kita ucapkan terima kasih.
Thanks and Best Regards,
Muhammad Raka
PT. SEKUNDANG MAJU BERSAMA
Jl. Kayu Manis IV No. 16 Rt. 008 Rw.003 Matraman Jakarta 13130
Telp : ( 021 ) 2289 6093
Whatssap : 0812 8584 8081
Email : info.sekundangmajubersama@gmail.com