TUGAS PEMELIHARAAN KELISTRIKAN
KELAS XI TKR C SMK NEGERI JATIPURO
KAMIS 9/5/2019. JAM KE 1-4
KETENTUAN
:
- Setiap siswa wajib menjawab satu soal dari 33 soal yang harus ditulis pada kolom komentar. Soal dapat dipilih sendiri. soal yang dijawab tidak boleh sama dengan temannya ( satu orang satu soal) Pada kolom komentar cantumkan nama , no absen, kemudian baru tulis jawabannya. Contoh : Nama : Abdul ghoni Absen : 01 Soal 3 : jawabannya yaitu ..................................................................
- Jawaban
pada kolom komentar merupakan presensi kehadiran kalian
- Setiap siswa kemudian menjawab pertanyaan no 1-33 berdasarkan hasil jawaban teman-teman pada kolom komentar. Jika ada nomer yang blm dijawab karena ada teman yang tidak masuk maka bisa mencari jawaban menggunakan buku pendamping atau browsing di internet.
- Tugas ditulis diselembar kertas (soal tidak usah ditulis) dikumpulkan di bengkel otomotif SMKN Jatipuro paling lambat hari kamis pukul 10.00 WIB
Jawablah
pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang sesuai !
- Apa
fungsi relay pada rangkaian kelistrikan kendaraan ......
- Sebutkan
tipe-tipe circuit braker .....
- Apa fungsi flasher pada kendaraan .....
- Jelaskan pemeriksaan yang harus dilakukan pada baterai baik secara visual maupun dengan menggunakan alat .....
- Beberapa lampu di mobil menggunakan lampu tipe sealed beam, bagaimana konstruksi dari lampu tipe sealed beam .....
- Analisa penyebab lampu menyala terang apabila mesin berputar cepat dan menyala redup apabila mesin berputar lambat .....
- analisa apa saja gangguan pada lampu tanda belok yang hanya menyala sebelah kanan saja ....
- jelaskan langkah perbaikan pada klakson yang berbunyi meskipun tombolnya tidak ditekan .....
- apa fungsi locking link pada door locking mechanism .....
- sebutkan 7 komponen pada door lock actuator .....
- sebutkan 5 komponen utama sistem pengapian konvensional .....
- jelaskan fungsi governer advancer pada sistem pengapian ......
- jelaskan perbedaan sistem pengapian konvensional dengan sistem pengapian DLI ....
- sebutkan hal-hal yang mempengaruhi besar kecilnya tegangan terinduksi pada kumparan sekunder koil .......
- jelaskan cara kerja kondensor pada sistem pengapian .....
- apa fungsi vaccum advancer .....
- jelaskan cara kerja sistem pengapian konvensional .....
- jelaskan bagaimana koil bisa menaikkan tegangan baterai dari 12v menjadi 20kV .....
- kemampuan busi dalam menghasilkan bunga api tergantung beberapa faktor, sebutkan faktor apa saja itu ......
- apa yang terjadi jika kondensor putus atau bocor ....
- masalah apa saja yang ditimbulkan apabila koil pengapian rusak ....
- bagaimana cara mengukur sudut dwell ....
- bagaimana cara menggunakan timing light .....
- apa yang anda ketahui mngenai engine analyzer .....
- apa saja yang harus diperiksa jika kita akan melakukan perawatan koil pengapian ....
- apa fungsi magnetic switch pada motor starter .....
- apa fungsi starter clucth pada motor starter .....
- jelaskan cara kerja sistem starter pada posisi kunci kontak ST ....
- jelaskan cara kerja sistem starter pda saat pinion berkaitan penuh .....
- pada perawatan motor starter komponen apa saja yang perlu diperiksa .....
- apa penyebab motor starter tidak bertenaga ...
- bagaimana langkah overhoul motor starter ....
- uumnya starter memiliki 4 buah brush , yang dikelompokkan menjadi .....
========= Selamat Mengerjakan , semoga sukses =================
nama :abdul ghoni no: 01 soal no 3
BalasHapusFlasher adalah salah satu komponen listrik dalam motor yang berfungsi untuk menyuplai arus ke lampu yang berubah-ubah sehingga menghasilkan nyala lampu yang berkedip-kedip. Biasanya fungsi flasher motor yaitu untuk mbantu sein berkedip atau menyala bergantian atau bahkan bersamaan ( fungsi pada hazzard )
Nama:abdul Rosid
BalasHapusAbsen:02
Jawaban nomor 26 yaitu
:1. Mendorong pinion gear agar berkaitan dengan ring gear
2. Bekerja sebagai main switch atau relay yang memungkinkan arus yang besar (langsung dari baterai) mengalir ke motor starter.
Nama=dwisusenoputro
BalasHapusKls=xltkrc
No=015
Jawaban yang dijawab=23Siapkanlah Timing Light 3 kabel yaitu kabel berwarna merah, hitam serta kabel pemicu.
Setelah itu pasangkanlah kabel berwarna merah pada bagian positif baterai, sedangkan untuk kabel berwarna hitam pasangkan pada bagian negatif baterai.
Untuk kabel pemicu pasangkan pada busi silinder satu, dalam memasang kabel pemicu, pemasangannya tak boleh terbalik, di sana terdapat tulisan PLUG serta tanda panah , tanda panah tersebut mesti menuju busi, apabila terbaik maka data tak akan valid.
Syarat yang mesti dipenuhi ialah RPM mesin mesti kurang dari 900 RPM, hal ini bertujuan supaya governor advancer tak bekerja, setelah itu cabutlah kedua selang dari vakum advancer serta menyumbatnya dengan baut ataupun kayu.
Pencetlah tombol Power serta arahkan pada pully poros engkol, mesti pully yang mempunyai angka.
Lihatlah angka berapa yang terlihat pada pully.
Apabila angka ketika pengapian tak tepat, maka aturlah dengan cara memutar bodi distributor, dan jangan lupa untuk mengendurkan bautnya. Jika ketika pengapian terlalu maju, semisal 20 derajat engkol, maka gerakan distributor searah dengan putaran rotor, serta jika pengapian terlalu mundur maka putarlah bodi distributor berlawanan arah rotor hingga pengapian menunjukkan 5 derajat engkol.
Kencangkanlah kembali baut distributornya serta pasangkanlah kembali selang vakum advancer, pastikan pemasangan tak terbalik.
Nama:NUR CHOLIS R
BalasHapusNO :025
Jawabannya no 27 yaitu:
Gear Reduction berfungsi untuk meneruskan daya putar motor starter ke gigi pinion sekaligus meningkatkan torsi/momen puntir dengan mengurangi putaran motor. ... Reduction gear biasanya dilengkapi dengan built-in overrunning clutch (kopling starter yang menjadi kesatuan unit).
Nama:NUR CHOLIS R
BalasHapusNO :025
Jawabannya no 27 yaitu:
Gear Reduction berfungsi untuk meneruskan daya putar motor starter ke gigi pinion sekaligus meningkatkan torsi/momen puntir dengan mengurangi putaran motor. ... Reduction gear biasanya dilengkapi dengan built-in overrunning clutch (kopling starter yang menjadi kesatuan unit).
Nama :DENI SETIAWAN
BalasHapusNO. :11
KELAS:XI TKR O C
Jawaban no.33 adalah: dikelompokkan menjadi 2 yaitu:
1.brush positif
2.brush negatif
Nama:Aji Nugroho
BalasHapusNo :04
Jawaban no.16 adalah
Waktu yang tepat yang digunakan oleh busi untuk memercik.
NAMA : AGUNG NUR N
BalasHapusNO : 03
KELAS: XI TKRO C
Soal no: 9
jawaban: Locking link berfungsi untuk mengoperasikan door lock mengunci dan membuka kunci berdasarkan penekanan pada licking knob dan door lock actuator.
Nama:bagus maulana putra
BalasHapusNo:07
Jawaban no 1 adalah
Relay berfungsi menghubungkan dan memutuskan arus listrik secara elektrik
Nama : Hafid Muhammad Aldi
BalasHapusNo : 18
Soal no : 31
1. Bahan bakar mengering dan mesin di banjiri bahan bakar yang sudah terlalu lama
2. Pembakaran busi tidak bisa mengeluarkan percikan api dengan sebagaimana mestinya
3. Kompresi percampuran udara dan bahan bakar yang tidak mendapatkan tekanan udara yang optimal
nama:deni saputra
BalasHapusno:10
kelas:x tkr c
jawaban:
-batrai
-fuse
-kunci kontak
-distributor
-busi
Nama=Lucky Dwi N. 1. MCB (Miniatur Circuit Breaker)
BalasHapus2. MCCB (Mold Case Circuit Breaker)
3. ACB (Air Circuit Breaker)
4. OCB (Oil Circuit Breaker)
5. VCB (Vacuum Circuit Breaker)
6. SF6CB (Sulfur Circuit Breaker)
No=20
Kelas=XI.TKR.C
Jawab nomer 2
1. MCB (Miniatur Circuit Breaker)
2. MCCB (Mold Case Circuit Breaker)
3. ACB (Air Circuit Breaker)
4. OCB (Oil Circuit Breaker)
5. VCB (Vacuum Circuit Breaker)
6. SF6CB (Sulfur Circuit Breaker)
Nama;riski Handoyo
BalasHapusAbsen:28
Jawaban nomor 2 adalah
:MCB (Miniatur Circuit Breaker)
MCCB (Mold Case Circuit Breaker)
ACB (Air Circuit Breaker)
OCB (Oil Circuit Breaker)
VCB (Vacuum Circuit Breaker)
SF6CB (Sulfur Circuit Breaker)
MCB (Miniatur Circuit Breaker)
MCCB (Mold Case Circuit Breake
Nama:saiful Hasan h
BalasHapusNo :32
Jawaban no.01 adalah
Sebagai pensakelar yang dapat aktif apabila diberi arus listrik pada coil magnetiknya.
Nama=Lucky Dwi N.
BalasHapusNomer=20
Kelas=XI.TKR.C
Jawab nomer =2
1. MCB (Miniatur Circuit Breaker)
2. MCCB (Mold Case Circuit Breaker)
3. ACB (Air Circuit Breaker)
4. OCB (Oil Circuit Breaker)
5. VCB (Vacuum Circuit Breaker)
6. SF6CB (Sulfur Circuit Breaker)
nama:deni saputra
BalasHapusno:10
kelas:x tkr c
soal no:11
jawab:
-batrai
-kunci kontak
-distributor
-busi
-fuse
nama:deni saputra
BalasHapusno:10
kelas:x tkr c
soal no:11
jawab:
-batrai
-kunci kontak
-distributor
-busi
-fuse
Nama:Nanang Khoirul fatikin
BalasHapusNo:24
Kls:XI TKR c
Jawaban no:12=fUngsi Governor Advancer
Saat Pengapian atau waktu pembakaran bahan bakar dan udara harus tepat, dan dapat mengikuti kondisi mesin, dimana apabila mesin berputar lebih cepat, maka pengapian juga harus lebih awal lagi (diajukan) agar dapat dihasilkan tenaga yang maximal
Nama:riski Handoyo
BalasHapusNo;28
Jawaban nomor 22 adalah
:1. Sebelumnya pastikan celah platina sudah tepat menurut anda, jika belum silahkan setel terlebih dahulu. Kira-kira celahnya 0,40 mm.
2. Hidupkan mesin, kemudian pasang dwell tester. Biasanya ada 3 macam warna kabel :
Kabel merah : dihubungkan ke terminal positif baterai
Kabel hitam : massa
Kabel kuning/hijau : dihubungkan ke minus koil
3. Setelah itu putar selector pemilih jumlah silinder, sesuaikan dengan jumlah silinder mesin mobil yang anda periksa.
4. Baca besar sudut dwell pada dwell tester. Dan cocokkan dengan spesifikasi yang ada. Pada kendaraan 4 silinder khusunya toyota seri k spesifikasinya adalah 46 - 58 derajat. Untuk motor 6 silinder adalah 36 - 38 derajat.
5. Jika sudah sesuai, lepaskan kembali kabel yang dihubungkan tadi. Dan lakukan pemeriksaan yang selanjutnya.
6. Jika belum sesuai dengan spesifikasi, lepaskan kabel dwell tester dari baterai, massa, dan minus koil, kemudian matikan mesin dan stel sudut dwell dengan cara merubah celah platina. Untuk memperbesar sudut dwell caranya adalah dengan memperkecil celah platina, dan untuk memperkecil sudut dwell caranya adalah memperbesar celah platina.
Nama:Saiful Hasan H
BalasHapusNo :31
Jawaban no.23 adalah
Siapkan timing light tiga kebel, yaitu ada kabel merah, hitam, dan kabel pemicu.
Pasangkan kabel merah pada positif baterai, sedangkan hitam pada negatif baterai.
Kabel pemicu dipasangkan pada kabel busi silinder satu( lihat angka pada tutup distributor), kabel pemicu tidak boleh terbalik pemasangannya, disana terdapat tulisan "PLUG" dan tanda "-->", tanda panah harus menuju busi, jika terbalik data bisa tidak falid.
SYARAT yang harus dipenuhi adalah rpm mesin kurang dari 900 rpm, agar governor advancer tidak bekerja, yang kedua adalah mencabut kedua selang dari vakum advancer dan menyumbatnya dengan baut atau kayu.
Pencet tombol power dan arahkan pada puli poros engkol ( pully yang memiliki angka )
Lihat angka berapa yang terlihat pada pully ( terangnya lampu )
Bila angka saat pengapian tidak tepat ( spesifikasi biasanya 5 derajat engkol ) maka setel dengan memutar bodi distributor (jangan lupa kendorkan bautnya), bila saat pengapian terlalu maju ( misal 20 derajat engkol ) maka gerakan distributor searah putaran rotor, dan bila pengapian terlalu mundur maka putar bodi distributor berlawanan arah rotor sampai saat pengapian menunjukan 5 derajat engkol.
Kencangkan kembali baut distributor dan pasangkan kembali selang vakum advancer, pastikan tidak terbalik. Kalau yang satu kabel, pada prinsipnya sama, satu kabel tersebut adalah kabel pemicu.Walaupun hanya satu kabel pemasangannya juga tidak boleh terbalik. Semoga Bermanfaat
Nama:Miranto
BalasHapusNo: 022
Kls:Xl TKR c
Jawaban no 20=Jika kabel kondensor putus maka kondensor tidak dapat berfungsi sehingga percikan api pada kontak pemutus besar, permukaan cepat terbakar, usia kontak platina singkat. Selain itu adanya percikan api pada kontak platina membuat waktu pemutusan lama sehingga induksi koil rendah, dan akibatnya tegangan yang dihasilkan menyebabkan percikan api pada celah busi tidak stabil, mesin sulit hidup, pembakaran tidak sempurna bahkan dapat pula tegangan yang dihasilkan tidak mampu meloncati celah busi sehingga tidak ada percikan api pada busi dan mesin tidak dapat hidup.
Nama=danangekopambudi
BalasHapusNo=09
Jawaban no=15=Cara kerja kondensor :
Pada saat platina menutup, maka arus listrik akan mengalir dari baterai ke kumparan kemudian ke massa baterai. Karena mengalirnya arus listrik melewati kumparan, maka akan terjadi medan magnet pada kumparan tersebut. Pada saat ini arus listrik tidak akan dialirkan ke kondensor. Pada saat platina membuka, arus listrik akan cenderung tetap mengalir ke massa baterai karena induksi tegangan yang terjadi, tetapi karena adanya komponen kondensor, maka arus listrik tersebut akan segera diserap atau dialirkan ke kondensor sehingga pada celah platina ketika membuka tidak akan terjadi loncatan bunga api. Selain aruss listrik dapat diserap oleh kondensor pada saat platina mulai membuka, ketika platina menutup, arus listrik yang disimpan di dalam kondensor akan dialirkan kembali ke massa baterai sehingga akan memperbesar medan magnet, akibatnya tegangan induksi yang dihasilkan pada kumparan sekunder koil dapat besar.
Nama : rustanto
BalasHapusNo. : 30
Jawaban no 28
Kerja sistem starter saat kunci kontak pada posisi start (ST), kunci kontak (ignition switch) yang diputar pada posisi start menyebabkan terjadinya aliran arus ke kumparan penarik (pull-in coil) dan ke kumparan penahan (hold-in coil) yang secara bersamaan berikut adalah aliran arus ke masing-masing kumparan tersebut.
Arus dari baterai mengalir ke kunci kontak --> terminal 50 pada solenoid --> kumparan pull-in coil --> terminal C --> kumparan medan (field coil) --> sikat positif --> kumparan atmature --> sikat negatif --> massa. Maka akan terbentuk medan magnet pada kumparan pull-in coil.
Arus dari baterai mengalir ke kunci kontak --> terminal 50 pada solenoid --> kumparan hold-in coil --> massa. Maka akan terbentuk medan magnet pada kumparan hold-in coil.
Aliran arus pada kumparan pull-in coil dan kumparan hold-in coil menyebabkan terjadinya kemagnetan pada kedua kumparan tersebut. Letak plunyer di dalam solenoid yang tidak simetris atau tidak berada di tengah kumparan menyebabkan plunyer tertarik dan bergerak ke kanan melawan tekanan pegas pengembali (return spring). Karena ada aliran arus (kecil) dari pull-in coil ke kumparan medan dan ke kumparan armature, maka medan magnet yang terbentuk pada kumparan medan dan armature lemah sehingga motor starter berputar lambat. Pada saat plunyer tertarik, tuas penggerak (drive lever) yang terpasang pada ujung plunyer juga akan tertarik ke arah kanan. Bagian tengah tuas penggerak terdapat baut yang berfungsi sebagai engsel sehingga tuas penggerak bagian bawah yang berkaitan dengan kopling starter (starter clutch) bergerak ke kiri mendorng gigi pinion agar berkaitan dengan ring gear. Pada kondisi pluyer tertarik (plat kontak belum menempel), motor starter berputar lambat. Putaran lambat ini membantu gigi pinion agar mudah masuk atau berkaitan dengan ring gear.
Nama: Edi purnomo
BalasHapusNo: 16
Jawaban no 10: aktuator, centmodule, baterai, kunci kontak, fuse, kabel, memory LED, main board
Nama: Edi purnomo
BalasHapusNo: 16
Jawaban no 10: aktuator, centmodule, baterai, kunci kontak, fuse, kabel, memory LED, main board
Nama : Dony saputro
BalasHapusNo. : 14
jawaban no.4
1. Pemeriksaan secara visual
Pertama yang paling mudah dilakukan adalah pemeriksaan secara visual baterai, apakah terdapat kerusakan pada kotak baterai, bocor, baterai mengembang, tutup baterai rusak, terminal berjamur dan lain sebagainya. Apabila ditemukan kerusakan yang tidak memungkinkan untuk dilakukan perbaikan maka ganti baterai dengan yang baru, dan jika masih bisa diperbaiki seperti terminal berjamur maka perbaiki dengan membersihkannya.
2. Pemeriksaan terminal baterai
Yang kedua bagian aki mobil yang perlu diperiksa adalah terminal bateri. Periksa terminal baterai dari kemungkinan rusak, berkarat, berjamur atau longgar. Jika rusak maka ganti, dan apabila berjamur atau berkarat maka bersihkan sampai bersih. Jika longgar maka dikencangkan atau bila tidak bisa maka diganti dengan terminal yang baru.
3. Pemeriksaan jumalh elektrolit baterai
Pemeriksaan yang ketiga ini jangan sampai tertinggal, karena sebenarnya ini merupakan yang paling penting untuk dilakukan. Pastikan jumlah elektrolit baterai berada pada garis upper level, jika dibawah lower level maka perlu dilakukan penambahan air suling (aic accu).
4. Pemeriksaan berat jenis elektrolit
Alat yang digunakan untuk mengukur berat jenis adalah hidrometer. Berat standar elektrolit baterai adalah 1,25 - 1,27 pada suhu 20 derajat celcius. Berat jenis elektrolit dapat digunakan untuk menganalisa kualitas dari baterai itu sendiri, dan dapat digunakan untuk menarik kesimpulan apakah baterai perlu di charge, diganti atau ditambah elektrolit.
5. Pemeriksaan kualitas bateri
Pemeriksaan yang terakhir ini menggunakan alat baterai load tester, yaitu alat yang fungsinya untuk memeriksa kualitas baterai apakah mampu untuk starter atau tidak. Apabila tidak ada baterai load tester, maka cukup dilakukan pengetesan tegangan baterai dengan volt meter, tetapi hasilnya tidak akan setepat apabila menggunakan baterai load tester.
Nama : Ashafa'atulloh z.z
BalasHapusNo. : 06
Kelas : XI TKRO C
Jawaban no :6
A. medan magnet pada generator semakin besar
B. medan magnet pada generator semakin lemah
C. terjadi perubahan arah medan magnet pada generator
D. perubahan flux magnet pada generator semakin singkat
Nama:Dimas Royan Al Fauzi
BalasHapusNo:13
Kls:XI TKR C
Jawaban soal no.8:1.Klakson berbunyi terus. Penyebabnya adalah arus listrik yang terus menerus mengalir ke sistem klakson sehingga diafragma bergetar terus menerus dan menimbulkan bunyi. Hal ini mungkin disebabkan oleh batang elektromagnetic dari relai macet pada kedudukan menutup atau kontak klakson macep pada kedudukan menutup.
Nama : Bayu santoso
BalasHapusNo. : 08
Kelas : XI TKRO C
Jawaban no.7
A. Bohlam lampu sein putus
Salah satu penyebab dari lampu sein mati atau tidak menyalah ialah berasal dari bohlam lampunya sendiri yang sudah mati atau putus. Bohlam yang telah putus atau rusak tidak akan mungkin dapat menyala.
B. Saklar rusak
Untuk menghidupkan lampu sein maka digunakanlah saklar. Apabila saklar ini rusak maka otomatis akan menyebabkan gangguan pada sistem kelistrikan lampu sein.
C. Sambungan socket atau kabel putus
Untuk mengalirkan listrik ke sistem kelistrikan lampu sein maka dibutuhkan piranti sebagai media penghubung antara komponen satu dengan lainnya. Mesia penghubung dalam rangkaian kelistrikan yaitu sambungan kabel dan socket.
Nama :Yusuf maulana
BalasHapusNo :33
Kelas :XI TKR C
Jawaban no 29:
Pada Saat Pinion Berkaitan Penuh,Bila pinion gear sudah berkaitan penuh dengan ring gear, kontak plate akan mulai menutup main switch.
Casino.bet is a scam | DRMCD
BalasHapusCasino.bet is a scam. The owner of Casino.bet kadangpintar is not registered yet 충주 출장안마 and 인천광역 출장마사지 it is unknown why. There are 2 reasons 동해 출장안마 why the casino 김포 출장샵